Kamis, 19 Oktober 2017

Pelecehan Seksual Terhadap Anak

   Minimnya pendidikan seksual berpengaruh besar pada pendidikan anak. Pendidikan juga penunjang pada aspek-aspek kehidupan manusia terutama pada kehidupan anak dari segi sosialisasi, tingkah laku, pola pikir, pergaulan dan lain sebagainya. Ada beberapa faktor yang berpengaruh besar pada moral kehidupan, seperti : faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan masyarakat. Faktor terbesar adalah faktor lingkungan keluarga. Karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga. Disini, peran orang tua sangat penting pada perkembangan anak. Orang tua dapat memberikan pendidikan atau pengetahuan mengenai seksual sejak dini,sehingga bisa menjadi benteng untuk dirinya sendiri pada masa yang akan datang. Peran orang tua sangat penting untuk memperhatikan, membimbing, dan mendidik anak sejak dini.
   Apabila anak sejak dini belum diperkenalkan tentang pendidikan seksual, maka akan mempengaruhi moral pada anak tersebut, mempengaruhi tingkah laku, pola pikir, pergaulan, dan kepribadiannya. Banyak dampak negatif yang timbul pada diri anak tersebut, seperti : depresi berat, rasa ketakutan yang tinggi, tidak mudah bergaul dengan sesama, memiliki kepribadian yang tertutup dan lain sebagainya.
   Oleh karena itu, faktor-faktor yang mempengaruhi moral anak, diantaranya : lingkungan keluarga yang harmonis, lingkungan sekolah yang baik, serta lingkungan masyarakat yang damai.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam Pelajaran

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.